Cari Blog Ini

Sabtu, 07 Januari 2012

Radang Tenggorokan dan Obatnya

Pada cuaca yang tidak menentu saat ini ternyata banyak virus juga yang menyebar dan mengakibatkan sakit pada seseorang. Salah satunya penyakit radang tenggorokan yang dipicu oleh cuaca dan lingkungan.

Radang tenggorokan adalah suatu peradangan pada daerah tenggorokan atau pharynx
. Radang tenggorokan sesungguhnya bukanlah nama penyakit. Ia hanyalah gejala dari berbagai penyakit yang muncul. Dalam terminologi kesehatan, radang tenggorokan biasa disebut dengan sore throat atau faringitis. biasanya dinding tenggorokan menebal atau bengkak, berwarna lebih merah, ada bintik-bintik putih dan terasa sakit bila menelan makanan.

Radang tenggorokan bisa disebabkan bermacam-macam penyebab, bisa karena infeksi virus, infeksi bakteri,infeksi fungal hingga alergi dan iritasi,di antaranya adalah:
1. Virus, 80 % sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, dapat menyebabkan demam .
2. Batuk dan pilek. Dimana batuk dan lendir (ingus) dapat membuat tenggorokan teriritasi.
3. Virus coxsackie (hand, foot, and mouth disease).
4. Alergi. Alergi dapat menyebabkan iritasi tenggorokan ringan yang bersifat kronis (menetap).
5. Bakteri streptokokus, dipastikan dengan Kultur tenggorok. Dapat ditemukan gejala klasik dari kuman streptokokus seperti nyeri hebat saat menelan, terlihat bintik-bintik putih, muntah – muntah, bernanah pada kelenjar amandelnya, disertai pembesaran kelenjar amandel.
6. Merokok.


Kebanyakan radang tenggorokan disebabkan oleh dua jenis infeksi yaitu virus dan bakteri. Sekitar 80% radang tenggorokan disebabkan oleh virus dan hanya sekitar 10-20% yang disebabkan bakteri. Untuk dapat mengatasinya, penting untuk mengetahui infeksi yang dialami disebabkan oleh virus atau bakteri streptokokus.

Infeksi virus biasanya merupakan penyebab selesma (pilek) dan influenza yang kemudian mengakibatkan terjadinya radang tenggorokan. Selesma biasanya sembuh sendiri sekitar 1 minnu begitu tubuh Anda membentuk antibodi melawan virus tersebut.

Cara Pengobatan Radang tenggorokan
Obat radang tenggorokan :
- Multivitamin
Minum vitamin C dan atau B kompleks. Vitamin berguna untuk segera memulihkan daya tahan tubuh. Pilih yang murah atau mahal. Hanya saja seringnya saya makan buah-buahan saja untuk mendapatkan vitamin yang dibutuhkan. Buahnya bisa apa saja mulai dari apel, pisang, mangga sampai kurma.
- Antibiotik
Gunakan anti biotik yang umum digunakan, seperti Amoxicillin, Cefadroxil, atau eritromisin. Diminum 2-3 kali sehari dan berhubung ini antibiotik maka harus dihabiskan. Ingat, jika anda minum obat antibiotik maka itu harus dihabiskan.anda dapat dengan mudah menemukan obat ini di apotik dengan harga yang relatif murah.
- Analgesik dan antipiretik
obat ini seperti panadol, aspirin, paracetamol generik. Dapat diminum 3 kali sehari, jika panas mereda boleh menghentikan minum obatnya. Obat ini berguna sebagai pain killer untuk mengurangi nyeri akibat menggigil dan menurunkan panas.
- Anti Inflamasi
obat ini seperti metylprednisolone, dapat digunakan karena memiliki kemampuan menahan garan salf retaining properties anti-inflamasi pada sistem organ yang terganggu dan imunitas tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar